Sejarah

SEJARAH GOJU RYU

Karate aliran Goju Ryu adalah salah satu dari 4 aliran besar Karate didunia, yaitu Shotokan, Wado Ryu, dan Shito Ryu. Goju ryu yang terdiri dari huruf kanji “ GO “ yang berarti keras dan “ JU “ yang berarti lembut merupakan aliran keras dan lembut. Aliran Goju Ryu ini didirikan oleh Choyun Miyagi, salah satu murid dari Kanryo Higaonna, seorang ahli Karate dengan gaya Naha Te ( selatan )

Setelah berlatih belasan tahun di Dojo Kanryo Higaonna, Choyun Miyagi melakukan napak tilas keilmuan gurunya kedaerah cina, disana ia banyak berlatih kungfu cina, diantaranya jurus bangau dan Pat Kwa. Dengan mensintesiskan seluruh keilmuannya, Choyun Miyagi berhasil menciptakan Goju Ryu, yang diilhami dari sajak cina yang berbunyi “ segala sesuatu didunia ini bernafas dengan keras dan lembut “

Goju ryu merupakan perpaduan dari gaya keras karate Okinawa daerah Naha dan gaya lembut dari kungfu cina. Perpaduan ini menghasilkan suatu kekuatan yang sangat besar, sehingga pada zaman itu, Choyun Miyagi menjadi ahli Karate yang kuat, terbukti dalam setiap pertarungannya, lawannya tak pernah dapat melihat pukulan Miyagi.

Goju ryu berkembang dengan pesat didunia dan menjadi aliran besar. Banyak sekali karateka – karateka Goju Ryu yang menjuarai setiap pertandingan, termasuk pertandingan KATA, dimana jurus – jurus Goju Ryu sangat indah dan kuat.

SEJARAH GOKASI KALIMANTAN BARAT

Gokasi Kalimantan Barat mulai berkembang pada tahun 2002, dibawa pertama kali oleh Arman, Sensei, yang sebelumnya mendapatkan latihan Karate Goju dari Sensei Dodi Rochadi kemudian dari Shihan Bambang Irianto serta banyak belajar tentang filosofi Karate dari Sensei Rojali Agus Darma.

Dimulai hanya dari melatih 2 orang murid, kini Gokasi Kalimantan Barat sudah mulai berkembang dibeberapa Kabupaten. Dengan kerja keras dan upaya dari Arman, Sensei untuk terus mengembangkannya. Walaupun bertempat tinggal yang jauh dipelosok dan jauh dari ibu kota propinsi, tapi tekad yang kuat, telah membawa perkembangan bagi Gokasi Kalimantan Barat.

Hal ini terbukti dengan telah berhasil lahirnya wasit – wasit Forki dari Gokasi Kalbar, dan telah berhasilnya digelar Kejuaraan Daerah Gokasi Kalimantan Barat. Dan juga telah berhasil dilahirkan para pemegang tingkatan DAN di Gokasi Kalimatan Barat.

Gokasi Kalimantan Barat adalah perguruan karate yang menitikberatkan pada tujuan utama latihan goju ryu sebagai seni bela diri, sehingga memfokuskan pada pengembangan teknik bela diri

Goju dan menyatukannya dengan filosofi Goju Ryu, diharapkan dapat menghasilkan karateka yang kuat, tapi berahlak mulia, sehingga banyak generasi muda dan berbagai lapisan masyarakat diKalbar yang tertarik dan mempelajari karate Goju Ryu dapat merasakan manfaatnya.

6 Balasan ke Sejarah

  1. yuni rostika ( putri sensei rodjali ) berkata:

    Saya bangga dengan perkembangan karate GOKASI di Kalbar, semoga akan muncul atlet sekaliber M.Hasan Basri / kakak ku. Semoga filosofi yang diberikan oleh ayah dapat membuat semangat dan menjadi manusia yang rendah hati dan pecaya diri.

    • gokasi berkata:

      Terima kasih atas dukungan dan perhatiannya. Semoga apa yang diharapkan akan dapat terwujud. Salam dari kami untuk Sensei Rojali, semoga selalu dalam limpahan Allah.S.W.T

  2. oki berkata:

    Osh salam kenal dari kami di Tangerang

  3. HOSH, JD SMOGA ALIRAN KARATE DI INDONESIA DAPAT BERKEMBANG PESAT, NAFIS SINFAI WADO RYU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s