SEJARAH GOJU RYU DI INDONESIA

TAHUN 1950

Beberapa tokoh olah raga mengembangkan seni bela diri Jepang, yaitu JUDO diantaranya tokoh : Profesor Mokino ( Judo DAN 6 ) dan Dick Scelder ( Ju jitsu dan Judo DAN 4 ).kedua tokoh inilah yang berhasil membina generasi penerus dan menjadi tokoh – tokoh pengembang seni bela diri Jepang dinegeri kita ini.

TAHUN 1960

J.A.D ( JU JITSU DAN JUDOASSOCIATION DJAKARTA ) didirikan oleh beberapa tokoh yang menonjol antara lain :

Budi Darma ( pelatih Judo DAN 3 dari Kodokan Jepang, Karate Goju ryu DAN 2)

Richard Menwijaya ( sebagai atlit Asian Games, Olimpic, DAN IV Judo Kodokan Jepang.

Hartono Syarif ( wiraswasta )

TAHUN 1967

J.A.D. telah dirubah menjadi JKAD ( Judo Karate Association Djakarta ) Karate Goju Ryu Shinbukan telah dikembangkan oleh seorang mahasiswa Jepang yang bernama Kunihiro Ishi kebeberapa Dojo disekitar Jakarta, antara lain :

1. Dojo JKAD dipimpin sensei Budi Darma

2. Dojo CYS dan IMKA dipimpin sensei Richard Menwijaya

3. Dojo Chandranaya yang dipimpin oleh sensei Maskun Prasetya

4. Dojo Kartini yang dipimpin sensei Agus Ramli

TAHUN 1968

Dojo JKAD berubah menjadi GOKASI dibawah pimpinan sensei Budi Darma

TAHUN 1970

Sensei Setyo Haryono adalah seorang mahasiswa Indonesia yang dikirim oleh pemerintah Indonesia untuk belajar ke Jepang. beliau juga bekerja sebagai atase KBRI di Tokyo, beliau belajar Karate di Gojukan yang dipimpin oleh Grand Master Gogen Yamaguchi DAN X, setelah kembali ke Indonesia mendirikan GOJUKAI dengan Dojo Manggarai dipimpin oleh sensei Woeryono ( Kapt. Penerbang )  beberapa unit Goju telah menyatu dan bergabung menjadi GOJUKAI, antara lain adalah : DojoCYS, Dojo IMKA, Dojo Chandranaya dan Dojo Kartini.

TAHUN 1971

Sensei Hartono Syarief telah mendirikan organisasi Goju Ryu dengan nama Goju Ryu Ass ( GOJU RYU ASSOCIATIOAN ), sensei Yance rompas kembali ke Indonesia dan bergabung ke GOJUKAI.

TAHUN 1972

Sensei Ukas Miharja mendirikan BHINNEKA SAKTI.

TAHUN 1974

Salah seorang anggota GOKASI yang bernama HENDRI berlatih ke Shinbukan Jepang, pulang dengan berbagai tehnik penyempurnaan baru, dan membawa berita bahwa guru besar dari Shinbukan Jepang yaitu Haruyoshi Urakawa Hanshi ( DAN X ) mau datang ke Indonesia.

TAHUN 1975

Guru besar Shinbukan Meninggal dunia, Igarashi Shoji sensei keluar dari Shinbukan dan mendirikan Doshikai di back up oleh Haruyoshi Kagawa Hanshi DAN VIII ( adik seperguruan Grand Master Gogen Yamaguchi )

TAHUN 1976

Sensei Yap Hok Kiang keluar dari Gokasi mendirikan Doshikai. Haruyoshi Kagawa Shihan berkunjung ke Indonesia bersama Igarashi Shoji minta seluruh Goju Ryu Indonesia bersatu untuk membentuk federasi Goju Ryu, mandat pembentukan federasi diberikan kepada Sensei Hartono Syarief (DAN V )

TAHUN 1977

Goju ryu Seibukan di Indonesia telah didirikan oleh sensei David Sembel dengan nama INJUKAN (Indonesia Goju Ryu Seibukan )

TAHUN 1982

Igarashi Shoji berkunjung ke Indonesia menanti dibentuknya Federasi goju serta memberikan penyuluhan teknik yang disempurnakan oleh Federasi Goju Ryu Jepang, karena beliau yang diberikan mandat oleh pihak Federasi Goju Ryu Jepang untuk wilayah Indonesia.

TAHUN 2006

Sampai meninggalnya sensei Hartono Syarief sebagai pemegang mandat,namun Federasi Goju Ryu Indonesia belum juga terbentuk. Igarashi Shoji Shihan sebagai penanggung jawab untuk wilayah Indonesia menginginkan agar federasi Goju Ryu terbentuk, karena dinegara lain sudah terbentuk. Federasi Goju Ryu dibahas ulang oleh tokoh Goju ryu, antara lain Ukas Miharja dari Bhinneka Sakti, Yap Hok Kiang dari Doshikai, Antony dan Bambang Irianto dari GOKASI serta Tanto Nugroho, rencananya akan memakai nama IKF GOJU RYU.

TAHUN 2010

Federasi Goju Ryu Indonesia kembali diminta dibahas oleh Igarashi Shoji ( DAN VIII ) menunjuk Tanto Nugroho Sensei ( DAN VI ) sebagai pemegang mandat untuk wilayah Indonesia agar bisa bersama tokoh – tokoh dari organisasi Goju Ryu membentuk federasi

sumber : IKF GOJU RYU ( TANTO NUGROHO SENSEI )

23 Balasan ke SEJARAH GOJU RYU DI INDONESIA

  1. Mulawarman berkata:

    Lestarikan GOJURYU (GOKASI) !, sebanyak saya mempelajari apapun bela-diri, inilah yang terbaik.

    • gokasi berkata:

      Terima kasih atas komentarnya. pada dasarnya bela diri itu baik, tidak ada yang terkuat, karena seluruh bela diri itu melatih tubuh manusia yang sama, kita belajar apapun, yang digunakan dan dijadikan pembelaan diri adalah tubuh yang sama. memang Gokasi punya keistimewaan tersendiri. yang terpenting jadikan Gokasi pilihan kita yang terbaik dengan cara menguasai tekniknya dengan sungguh – sungguh. salam dari kami semua

  2. Teguh Raharjo berkata:

    Salam Karate, Ossh !!
    Terima kasih atas waktu anda untuk membaca surel saya ini. Saya belajar karate aktif di GOKASI bulan April 1980 waktu itu masih anak anak dan terus berlanjut s/d tahun 2001. Dojo saya adalah di SMP 83 Jakarta dan dahulu juga dojo dari Sempay Bambang Ir, Sensei Handoko. Sempay saya adalah Agus Putra, Sempay Seno, Almarhumah sempay Jubaedah. Dulu saya pernah dan sering berlatih di dojo STM I Budi Utomo (Pak Suryadi, Sempay Rojali) , dojo hall karate judo Cempaka Putih, dojo SMA Budi Mulya, dojo gereja Santo Petrus Petamburan, Univ Mercu Buana dan lain lain. Terakhir saya adalah Dan 1. Berhenti karena kesibukan pekerjaan dan lain lain, namun masih berlatih sendiri sekedarnya walau tidak seaktif dahulu. Perkembangan di GOKASI maju dan mundur sedikit banyak cukup tahu. Terakhir saya juga diundang pada peresmian pengurus DPP GOKASI di hotel Oasis Amir Jakarta beberapa tahun lalu. Senang bisa jumpa kembali dengan Shihan Kunihiro Ishii, Sensei Anthony, para Sempay senior (Bambang Ir, Handoko,Dr Taufan,dll), dan rekan rekan lain yang saya kenal, Bowo, Tri, Ucu, Buana, dll. Sayang pada acara tersebut tidak hadir tokoh senior GOKASI seperti Sensei Edison Simbolon, Sensei Agus Ramli, dan hanya diwakili oleh anak dari Shihan Budi Darma.
    Saya sangat bersyukur di dua tahun lalu masih sempat bertemu kembali dengan Shihan Kunihiro Ishii dan sempat belajar berlatih kembali dengan beliau walau hanya beberapa kali, namun sangat berarti untuk saya pribadi.
    Sebagai orang yang pernah belajar karate di GOKASI saya merasa bangga bahwa organisasi ini masih eksis dan mudah mudahan bisa berkembang lebih baik lagi sehingga tetap bisa membawa nama harum untuk Indonesia dengan berprestasi di Karate. Apapun perbedaan / kondisi yang terjadi di tubuh GOKASI saat ini yang sempat terpecah menjadi Gokasi Shinbukan dan Gokasi Seluruh sehingga menimbulkan perpecahan diantara sesama anggota dapat di selesaikan dengan semangat kekeluargaan dan kebersamaan. Saya berharap dan mendoakan semoga GOKASI tetap jaya dan berkembang dengan sukses.
    Saya menyempatkan waktu menulis ini sekedar untuk berbagi mengenai Gokasi yang saya ketahui.
    Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulus tulusnya kepada para Sempay saya yang telah melatih saya mulai dari nol dan tidak bisa apa apa, kepada para senior, para sensei dan para Shihan, dan juga para ex murid murid saya dan anak anaknya yang masih setia berlatih dan mengembangkan karate.
    Semoga GOKASI tetap berjaya dan berjaya.
    Salam Karate, Ossh !!

    • gokasi berkata:

      Terima kasih banyak atas segala informasi yang telah diberikan. Gokasi adalah perguruan yang luar biasa, walaupun banyak dinamikanya, tetapi sampai dengan saat ini tetap bisa eksis dan mampu menghadapi berbagai tantangan, semangat ” TEKUN BERUSAHA UNTUK KEMAJUAN ” adalah kunci pokok dari semuanya. landasan inilah yang membuat kami juga mampu melangkah secara perlahan, mulai dari hanya dibawa 1 orang yang mulai melatih 2 orang murid, hingga seperti saat ini. semoga menjadi inspirasi bagi para generasi muda. salam dari kami

  3. dodol berkata:

    GOKASI Link nya kemana …. ? Gak punya honbu nya ya,…

  4. Embrizon berkata:

    Ralat…dari mulai berdiri nya perguruan Gojukai di Jepang oleh Gogen Yamaguchi sampai masuk ke Indonesia belum ada atau tidak pernah bahwa Gojukai itu kepanjangan dari Goju Ryu Karate-Do Indonesia..Gojukai ya Gojukai…kalopun ada 2 nama Gojukai, Gojukai IKGA dan JKF Gojukai…terima kasih

  5. rahmad berkata:

    sensei agus ramli sekarang ngajar dimana ya apa sdh pensiun

  6. Bismark berkata:

    Gokasi Di Depok ada Di MANA ..ya ?

  7. Warto berkata:

    hai….GOKASI, kabarnya mau munas ya? kalau munas jangan ganti-ganti KDG dong, ga lucu tau ga, karena kaga ada sejarahnya KDG diganti-ganti. Dan sejak Sensei Edison ga aktif yg saya tau paling mantap tehniknya sebagai orang Gokasi sejati tuh…sensei Bambang Ir.
    Kalau sensei Prawoko tuh cuman cocok jadi fighter, kaga cocok jadi KDG

    • gokasi berkata:

      terima kasih atas atensinya terhadap perkembangan Gokasi, kami juga menginginkan seperti itu, sebaiknya KDG tidak diganti – ganti, kecuali karena alasan yang tidak memungkinkan, shihan bambang memang secara manajemen cocok untuk menjadi KDG Gokasi, tapi Shihan Prawoko juga punya kelebihan yang lain, alangkah baiknya kalau semua ini disatukan, KDG dijabat shihan prawoko, tetapi pelaksana teknis Shihan bambang iriantom, dan yang mengawasi semua sensei Rojali………mantap kan…..

  8. andi berkata:

    osh, numpang tanya untuk Munas 2014 rencananya diadakan dimana ?
    saya dengar gosipnya mau di Padang ??
    undangannya sudah disebar apa belum
    trims

    • gokasi berkata:

      maaf baru bisa kami balas sekarang, tentang info munas Gokasi, sampai sekarang kami masih belum menerima surat pemberitahuan secara resmi, jadi kami masih belum tau informasi tentang pelaksanaannya, semoga Munas akan cepat terlaksana demi kemajuan perguruan karate Gokasi

  9. ROCKY LASUT berkata:

    SALAM KARATE OSHHH … RANGKUMAN DIATAS CUKUP SINGKAT . BUAT PENULIS KALAU BOLEH SAYA SARAN KAN TIDAK ADA SALAH NYA MENCARI SUMBER LAIN UTK BAHAN TULISAN DAN WAWASAN UNTUK DAPAT LEBIH BANYAK MENCERITAKAN KPD ANGGOTA YUNIOR LAINNYA, SENSEI ANTONY TRIJAYA DAN VI GOKASI, MERUPAKAN SAKSI SEJARAH, TAK ADA SALAHNYA BILA MENGUNDANG BELIAU UTK MENAMBAH WAWASAN KITA SEMUA UTK BERCERITA DIDUKUNG DG BERBAGAI FOTO DAN TULISAN2 ASLI PELAKU SEJARAH. OSSHHH
    ROCKY LASUT DAN III GOKASI

    • gokasi berkata:

      Terima kasih atas masukkannya, akan kami perhatikan dengan baik masukkan ini, jika ada yang kurang tepat, akan kami perbaiki. salam dari kami semua

  10. ROCKY LASUT berkata:

    MAAF SAYA CUMA KASIH INFO UNTUK SEMUA YG BELUM MENGETAHUI ..
    SENSEI AGUS RAMLI TELAH MENINGGAL DIUNIA BEBERAPA TAHUN SILAM ..

    OSSHHH ….

  11. Syamsul Hilal berkata:

    GOKASI Berduka..TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGAL NYA GURU BESAR SENSEI KUNIHIRO ISHII. SEMOGA AMAL IBADAH DITERIMA DISISI NYA AMIIIIIN.

  12. Daniel berkata:

    Hallo GOJURYU …..
    Berpisah 45 tahun …. jumpa di dunia maya ….
    Siapa lagi generasi tahun 70 awal ??
    Salaaam

  13. NIEL berkata:

    OSH !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s